Amanah, Jalan Hidup Muslim


Sahabatku fillah, Islam memerintahkan pengikutnya untuk melaksanakan amanah dan merasa takut kepada Rabbnya. Setiap kali ia melaksanakan amalan baik kecil maupun besar.

Ternyata amanah itu memiliki peranan yang cukup besar sebagai pondasi kita dalam bermuamalah antara saudara-saudara kita sesama muslim dan begitupun kepada non muslim. Apa jadinya bila sifat ini tak ada dalam diri kita, tentunya kepercayaan orang terhadap diri kita akan jatuh, begitupun bagi pribadi kita akan terus merasa gelisah dan terbebani.

Sahabatku fillah, bila kita adalah seorang muslim, maka wajiblah bagi seorang muslim untuk memegang amanah dalam melaksanakan semua kewajiban Allah dan pergaulannya sesama manusia. Maka amanah adalah tekad seseorang untuk melaksanakan apa yangvmenjadi tanggungjawabnya dengan semaksimal mungkin.

Allah Ta`ala berfirman:
” Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum diantara kamu menetapkan dengan adil ” (An Nisa: 58)

Sahabatku fillah, amanah bukan hanya sebatas menjaga barang titipan semata, sebagaimana yang dipahami oleh sebagian orang, akan tetapi ia lebih luas dari itu semua, yaitu keikhlasan seseorang dalam menjalankan semua tugas dan kewajiban yang diembannya, baik dalam urusan agama ataupun dunia.

About islami123

jendela islami,. Menggapai Indahnya hidup dengan beribdah dan saling berbagi

Posted on 8 September 2012, in Akhlak, Ibadah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: