Melihat Aurat Sesama Jenis, Boleh atau tidak….??


Sahabatku fillah,, dewasa ini ada sebagian besar wanita Muslimah yang menganggap remeh masalah aurat ini. Sehingga tidak jarang dari wanita tersebut melihat salah seorang dari mereka dengan tidak segan-segan membuka auratnya di hadapan temannya baik karena adanya sebab maupun tidak, begitupun dangan laki laki Semuanya itu merupakan perbuatan yang jelas-jelas dilarang syari’at.

Dari Abu Said Al-Khudri Radhiyallahu anhu , Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda.

“Artinya : Tidak diperbolehkan bagi orang laki-laki melihat aurat laki-laki, dan wanita melihat aurat wanita. Dan tidak boleh seorang laki-laki dengan orang laki-laki lain dalam satu selimut, dan wanita dengan wanita lain dalam satu selimut” . (Hadits Riwayat Muslim)

Imam Nawawi Rahimahullahu mengatakan:
“Dalam hadits tersebut terdapat larangan bagi orang laki-laki melihat aurat laki-laki lain, dan wanita melihat aurat wanita lain. Larangan ini sama sekali tidak dapat diganggu gugat”.

Selanjutnya Imam Nawawi mengatakan : “Mengenai sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam , ‘Dan tidak boleh seorang laki-laki bergabung dengan orang laki-laki lain dalam satu selimut, dan wanita bergabung dengan wanita lain dalam satu selimut’, merupakan larangan yang sifatnya haram apabila diantara keduanya tidak terdapat pemisah. Dan itu menunjukkan larangan penyentuhan aurat bagian tubuh mana pun, baik laki-laki maupun wanita. Hal itu telah menjadi kesepakatan para ulama.

Batasan aurat yang harus ditutupi oleh wanita Muslimah bagi wanita Muslimah lainnya adalah dari pusar sampai ke lutut. Sedangkan aurat yang harus ditutup oleh wanita Muslimah dari pandangan wanita non-Muslimah adalah seperti penutupan yang harus dilakukannya terhadap laki-laki yang bukan mahramnya.

Semoga bermanfaat….

Fp Indahnya Islam

Posted on 15 April 2012, in Muslimah. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. ada kesalahan dlm artikel di atas
    batas aurat wanita yg boleh dilihat oleh sesama wanita batasnya adalah leher ke atas, lengan dan lutut ke bawah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: