Biasakanlah Hidup Sederhana


Sahabatku fillah,,, di dalam islam kita diajarkan untuk hidup sederhana. Ketika ada kelebihan harta haruslah kita berikan kepada yang membutuhkan. Namun bukan berarti jika kita kekurangan harta kita hanya menunggu uluran tangan orang lain, akan tetapi kita diperintahkan untuk bertebaran di muka bumi untuk mencari rezki Al-Wahhab.

Pola sederhana itupun bisa nampak dari pakaian seseorang. Allah Ta’ala menyukai hamba yang memakai pakaian bagus tetapi tidak berlebih-lebihan.

Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus padasetiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. QS Al-A’raaf:31

Bukan hanya dari pakaian, namun juga perhiasan-perhiasan. Kita memang dilarang untuk berlebih-lebihan, tapi bukan berarti kita diharamkan dari memakai perhiasan-perhiasan yang ada di muka bumi. Karena akhlaq seorang mukmin itu pasti akan menjaga batasan-batasan yang Allaah berikan. Dan sungguh tiada merugilah mereka.

Katakanlah Muhammad,”siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allaah yang telah disediakan untuk hamba-hambaNYA dan rezki yang baik-baik? Katakanlah semua itu untuk orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, dan khusus untuk mereka saja pada hari kiamat[1]. QS Al-A’raaf:32,

————-
[1] Perhiasan-perhiasan dari Allaah dan makanan yang baik itu dapat dinikmati di dunia ini oleh orang yang beriman dan orang yang tidak beriman, sedang di akhirat nanti hanya untuk orang yang beriman.

Fp Indahnya Islam

About islami123

jendela islami,. Menggapai Indahnya hidup dengan beribdah dan saling berbagi

Posted on 31 Maret 2012, in Ibadah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: