Tips Membiasakan Diri Puasa Sunnah


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين, والصلاة والسلام على أشرف المرسلين. أما بعد

Puasa Sunnah seperti yang sering di lakukan yakni Puasa senin-kamis akan benar-benar kita rasakan jika kita mengamalkan dan melakukannya dengan istiqamah. Sebab tanpa menjalani dan merasakan sendiri, sulit untuk dapat mengecap hikmah dari puasa sunnah, kalau tidak bisa dikatakan mustahil. Untuk itu tuliasan ini sedikit menuturkan tips-tips agar dapat membiasakan diri berpuasa sunnah , sebagaimana yang telah dilakukan para pelaku puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis.

Ikhlas
—-
Ikhlas adalah kunci dalam beribadah. Hanyalah ibadah yang dilakukan dengan ikhlaslah yang dapat kita kecap hikmahnya dan kita rasakan manfaatnya bagi ruhani kita. Maka dari itu kita harus senantiasa menjaga keikhlasan dalam beribadah agar nilai ibadah yang dilakukan tak menjadi sia-sia.

Kesungguhan dan Teguh Pendirian
———————-

Sesuatu yang tak dijalankan dengan sungguh-sungguh, pasti tak akan berjalan dengan baik dan hasilnya pun tak akan maksimal. Demikian pula puasa sunnah yang kita lakukan, jika tak diiringi kesungguhan dan teguh pendirian dalam menghadapi segala aral yang merintangi, maka maksud yang akan dituju berupa keutamaan puasa sunnah itu tak akan terwujud. Maka hanya dengan kesungguhan dan pendirian yang teguhlah kenikmatan akan hasil dari puasa sunnah yang dilakukan terus menerus akan dapat kita kecap.

Apa Manfaatnya Bagiku?
—————–

Ini adalah salah satu hal penting yang dapat kita lakukan sebagai usaha untuk dapat melaksanakan puasa sunnah, yaitu dengan mencari tahu manfaat dari puasa sunnah yangkita jalankan. Saat seseorang mengetahui manfaat dan hasilyang dapat ia petik dari sesuatu yang ia lakukan, maka ia akan melakukan hal tersebut dengan semangat dan tak mudah patah arang.

Demikian pula jika kita mengetahui rahasia dan keutamaan yang kita dapatkan jika berpuasa sunnah, maka kita akan antusias dalam menjalankannya, dantak mudah berhenti meski harus melawan lapar dan dahaga,serta menahan hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa.

Bertaubat dan Berdoa
—————

Inilah adalah usaha batiniah kita agar mampu dan kuat menjalankan puasa sunnah. Dengan bertaubat, membersihkan hati dan berdoa agar Allah berkenan memberikan kekuatan dan menerima puasa sunnah kita, kitaberharap dapat melaksanakan puasa tersebut dengan baik dan meraih manfaat yang besar serta mendapatkan ridha dari Allah ta’ala.

Mengajak Orang-orang Dekat
——————–

Salah satu bentuk usaha kita agar dalam menjalankan puasasunnah terasa lebih nikmat adalah dengan mencari partner. Ajak istri/suami, anak ( bagi yang sudah berkeluarga ), saudara atau teman anda untuk bersama-sama berpuasa. Selain kita mendapatkan pahala karena telah mengajak orang lain berbuat kebaikan, ibadah puasa tersebut juga semakin ringan karena ada yang menemani dan saling mengingatkan jika kita lupa menjalankannya. Misalnya hendak menjalankan puasa Senin Kamis , jika ada rekan yang senantiasa saling mengingatkan insya Allah tak ada hari Senin atau Kamis yang terlewatkan.

Istirahat yang Cukup
—————

Puasa tentu saja membutuhkan energi. Untuk itu diperlukan istirahat yang cukup guna menjaga kondisi tubuh kita agar tetap fit. Namun demikian jangan beristirahat (tidur) berlebihan melebihi kebiasaan istirahat pada saat tidak berpuasa, sebab hal itu justru membuat fisik menjadi lemah dan tak bersemangat untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Dan kondisi ini menyebabkan aktifitas dan kewajiban kita sehari-hari menjadi terganggu, padahal seharusnya puasa sunnah tak boleh mengganggu aktifitas yang sudah kewajiban harian kita.

Atur Porsi Makan dan Membiasakan Makan Sahur
———————————

Kita harus senantiasa mengatur porsi makan demi kesehatan tubuh yang prima. Jika puasa di siang hari dan makan berlebihan pada malam hari, maka hal itu justru berakibat buruk bagi kesehatan. Makanlah pada malam harinya dengan memenuhi dan menjaga porsi kebutuhan gizi untuk tubuh kita dan tak boleh berlebihan. Selain itu sebaiknya membiasakan untuk makan sahur sebelum berpuasa, agar ada pasokan makanan saat kita puasa di siang hari. Bahkan Rasulullah juga menganjurkan untuk makan sahur bagi orang yang berpuasa, mengingat manfaatdan keberkahan yang terkandung didalamnya,

” Berdasarkan pendapat sejumlah ahli kesehatan, puasa dapat memberikan berbagai manfaat bagi yang melaksanakannya, di antaranya untuk ketenangan jiwa, mengatasi stres, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memelihara kesehatan dan kecantikan. Puasa selain bermanfaat untuk ketenangan jiwa agar terhindar dari stres, juga dapat menyehatkan badan dan dapat membantupenyembuhan bermacam penyakit. Selain itu, puasa dapat membuat awet muda atau menunda proses ketuaan. ”

“Makan sahurlah kalian, sesungguhnya pada makan sahur itu terdapat keberkahan.”

Demikian sabda beliau, yang harus senantiasa kita perhatikan, agar kekuatan kita untuk membangun kebiasaan baik berupa puasa sunnah dapat berjalan dengan lancar.

Fp Indahnya Islam

Posted on 8 Maret 2012, in Ibadah. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Sunnah merupakan perintah Rasulullah SAW berupa perkataan, perbuatan dan apa yang beliau putuskan tentang suatu perkara. Ibadah sunnah juga merupakan sebuah ibadah tambahan untuk ibadah-ibadah yang wajib. Artinya disana ada kewajiban pasti ada sunnahnya juga. http://santrigaul.net/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: